Eksperimen Fisika " Media Pembelajaran pada Materi Hukum Gravitasi Newton"

Selamat pagi semuanya, di pagi yang cerah ini Pakgurufisika akan berbagi Makalah Eksperimen Fisika yang berjudul PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMANFAATKAN  ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI GRAVITASI NEWTON. 

Makalah pembuatan media pembelajaran ini merupakan makalah yang disusun oleh mahasiswa FKIP UNS, Wisnhu Yunizal PP. Pembuatan Media pembelajaran ini menggunakan Software Adobe Flash CS 6 dan beberapa bantuan software lainnya ( Corel, Paint,Office dll).

Di Era modern saat ini, dimana Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berkembang begitu pesat, maka Sarana dan Prasarana yang menunjang proses kegiatan belajar-mengajar pun juga semakin banyak, sudah banyak ide, inovasi dan terobosan yang bermunculan, Media Pembelajaran adalah salah satunya.

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) baik fisik maupun non-fisik, sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan belajar.

Media pembelajaran mempunyai banyak sekali manfaaat dalam kegiatan pembelajaran. 
Manfaat Media Pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran menurut Arsyad (2011: 26-27) sebagai berikut:


  1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses hasil belajar.
  2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya dan memungkinkan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya. 
  3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. 
  4. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungan misalnya karyawisata, kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang Secara umum 
Jenis Media Pembelajaran pun banyak, Menurut Leshin, Pollock & Reigeluth (1992) mengklasifikasikan media ke dalam lima kelompok, yaitu: 

  1. Media berbasis guru manusia (guru, instruktur, tutor, kegiatan kelompok, field-trip).
  2. Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan (workbook), alat bantu kerja .
  3. Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparasi, slide).
  4. Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, televisi)
  5. Media berbasis komputer (penyajian dengan bantuan computer) (Arsyad, 2010).
Nah, media pembelajaran hasil Karya Wisnhu Yunizal PP yang akan saya bagikan kali ini adalah Media berbasis Komputer, jadi dalam penyajiannya menggunakan komputer/laptop dan LCD jika untuk presentasi.

Harapan kami, dengan Media yang kami bagikan ini dapat membatu banyak pihak, bagi siswa dapat membantu memahami materi, bagi guru dapat membantu dalam kegiatan Mengajar dan bagi Mahasiswa dapat digunakan sebagai Referensi apabila ingin membuat Media Pembelajaran Sejenis.

Untuk Makalah "Pembuatan Media Pembelajaran Mengunakan Adobe Flash CS 6 Pada Hukum Gravitasi Newton" bisa kalian download/unduh di tautan atau link yang sudah kami sediakan diakhir postingan ini. Didalam makalah tersebut terdapat 5 Bab, yang berisi Latar belakang, Rumusan masalah , Tinjauan pustaka, Kerangaka Berpikir, Hipotesis, Langkah-langkah pembuatan Media dll.
berikut tampilan screenshot media pembelajaran tersebut.






Untuk Makalah Pembuatan Media Pembelajaran memamfaatkan Adobe Flash CS 6 pada Materi Hukum Gravitasi Newton bisa kalian Unduh atau download Disini

dan untuk File Media Pembelajarannya (Format.swf) bisa kalian Unduh Disini atau Disini

Tambahan :
kalian juga bisa mengunduh File Lampiran analisis Angket Materi Disini dan Angket Media Disini.

Sekian, Semoga Bermanfaat bagi kalian Semua

jangan lupa Follow/Like halaman pakgurufisika, Suwun Poll

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eksperimen Fisika " Media Pembelajaran pada Materi Hukum Gravitasi Newton""

Post a Comment